Rabu, 19 Januari 2011

Error pada saat Possting


Error pada saat Possting - Possting adalah prosses deteksi seluruh hardware yang di gunakan pada sebuah computer. Proses ini terjadi sesaat sebelum computer melakukan booting. Eroor yang terjadi ketika computer melakukan posting biasanya di tandai dengan gejala berikut ini.
  1. Computer restart beulang-ulang
  2. Computer tidak dapat loading ke system operasi.
  3. Computer hanya menampilkan tampilan bios.
  4. Ada pesan error saat proses akan memasuki booting hard disk   : Eror or missing operating system, Abort retri fail
    Kerusakan tersebut kemungkinan di sebabkan karena bios atau hard disk mengalami gangguan. 

    • Computer restart berulang-ulang (tidak ada tampilan pada layar monitor)


    Kondisi ini sebenarnya tidak menunjukan adanya kerusakan yang parah pada system computer. Computer yang melakukan restart berulang-ulang tejadi karena tombol restart yang terdapat pada casing CPU rusak, posisinya selalu menekan (ON). Akibatnya computer tidak dapat melakukan startup. Solusinya, buka casing CPU dan cari tombol reset. Selain itu, semprotkan cairan cleaner. Jika computer masih restart berulang-ulang, ganti tombol reset dengan yang sejenis.


    •  Baterai BIOS Habis 

    Gejala yang di timbulkan oleh habisnya baterai BIOS antara lain sebagai berikut :
    a.       Muncul peringatan dari system bios seperti batterai falied,Press F1to setup Bios,CMOS Checksum Error – Defaults Loaded, atau CMOS Cheksum Error Disk Boot Failure, Insert System Disk and Press Enter.
    b.      Setiap akan menyalakan computer , system meminta kita untuk mengonfigurasi BIOS.
    Untuk mengatasi  kerusakan tersebut,kita tinggal mengganti baterai BIOS-nya. Caranya adalah dengan membuka casing,kemudian melepas baterainya. Untuk melakukan langkah ini ,computer harus dalam keadaan mati dan power card harus di lepas. Baterai bios banyak tesedia di took jam atau computer. Umumnya , semakin mahal harganya semakin lama masa pakainya. Untuk laptop, baterai BIOS-nya agak berbeda , biasanya melimiliki kabel power dan pin. Baterai BIOS laptop juga tersedia di took-toko reparasi laptop.

    •   System kerja posting 


    Perhatikan beberapa system kerja BIOS berikut ini.

    1.       Proses posting dimulai ketika kita menyalakan computer.
    2.       System akan memeriksa tegangan pada motherboard dan power supply. Jika tegangan sudah sesuai dengan kondisi yang semestinya, PDU (power distribution unit) akan mengirimkan sinyal power good.
    3.       Chip timer menerima sinyal power good dari PDU dan mengirimkan sinyal reset ke mikroprosesor (CPU).
    4.       CPU menjalankan program pada BIOS , kemudian BIOS akan memeriksa memori dan semua komponen yang di hubungkan ke motherboard, termasuk memeriksa drive yang akan di gunakan untuk poses booting.

    Related Post



    0 komentar:

    Posting Komentar